Solusi Wifi Laptop Pilih-Pilih Modem Hotspot

Cara mengatasi wifi laptop yang pilih-pilih modem, kebutuhan akan internet sekarang ini sudah menjadi bahan pokok baru dalam kehidupan sehari-hari, setiap hari jutaan manusia mengakses internet agar saling terhubung dengan yang lain, entah bermedia sosial atau untuk menghibur diri, bahkan untuk melakukan pekerjaan.

Ketika kita sangat butuh akan internet terkadang ada saja kendala yang terjadi, dimana perangkat yang kita gunakan tidak bisa konek dengan jaringan wifi yang ada, seperti pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu, padahal pengguna lain yang masih satu jaringan wifi semuanya lancar tidak ada kendala.

Ternyata tidak semua laptop bisa langsung menangkap sinyal Wi-Fi yang ada disekitarnya, pada kenyataannya masih ada juga laptop yang pilih-pilih modem wifi untuk bisa konek dengannya, padahal di lain lokasi (modem yang berbeda) terkoneksi dengan aman.

Hal semacam ini memang jarang sekali terjadi namun jika kebetulan masalah ini terjadi pada kamu apa yang akan kamu lakukan?

Solusi Wifi Laptop Pilih-Pilih Modem Hotspot

Beberapa waktu lalu saya dipusingkan oleh permasalahan laptop milik adik saya yang tidak bisa mendeteksi adanya sinyal Wi-Fi dari modem yang ada dirumah, masalah ini berawal pada dua hari yang lalu modem Wi-Fi dirumah diganti dengan modem yang baru oleh petugas Telkom karena ada peraturan baru yang mengharuskan modem yang lama diganti dengan modem yang baru.

Singkat cerita, sebelum modem diganti ke modem baru laptop milik adik saya tersebut masih normal-normal saja menerima sinyal Wi-Fi dari modem yang lama, setelah modem diganti yang baru akhirnya laptop milik adik saya jadi tidak bisa mendeteksi adanya sinyal Wi-Fi dari modem yang baru, padahal semua perangkat termasuk smartphone dan laptop lainnya yang ada dirumah bisa mendeteksi adanya sinyal Wi-Fi dari modem yang baru.

Sebenarnya masalah ini sudah lama terjadi ketika dia (adik saya) mencoba mengkoneksikan wifi di tempat lain dan tidak bisa terkoneksi, sedangkan jika di koneksikan dengan wifi yang ada di rumah akan terkoneksi dengan baik.

Saya coba untuk mencari jalan keluarnya dengan melihat semua settingan yang mungkin saja ada yang terlewatkan, tapi hasilnya tidak ada perubahan.

Karena dengan cara sendiri tidak bisa teratasi maka saya coba untuk mencari jawaban melalui google, selama pencarian belum ketemu juga yang membahas tentang Wi-Fi laptop yang pilih-pilih modem, adanya yang paling mendominan hanya cara mengatasi wifi yang tidak bisa konek, dan sebagainya, dari semua hasil pencarian yang saya dapatkan saya coba satu-satu dengan harapan mungkin saja dengan cara yang saya dapatkan dari google akan bisa mengatasinya.

Berikut beberapa cara yang saya dapatkan dari google dan telah saya terapkan, dan mungkin saja cara ini bisa mengatasi masalah yang kamu alami, saya tidak menjamin cara ini berhasil untuk permasalahan pada laptop kamu, jadi saya sarankan untuk mencobanya, caranya cukup aman bagi laptop, jadi tak perlu khawatir.

Sebelumnya silahkan cek/pemeriksa on/off wifi pada laptop dengan mengecek indikator pada lampu dilaptop yang bersimbol sinyal, jika lampu indikator menyala berarti wifi sedang dalam keadaan on, dan sebaliknya jika lampu indikator mati berarti wifi dalam keadaan off.

Jika hal tersebut sudah dilakukan secara benar namun belum ada perubahan silahkan ikuti cara berikut.

Cara Pertama : Memeriksa Wi-Fi dalam keadaan disable/enable.

Kamu bisa mengaturnya melalui Control Panel -- Network and Internet -- Network and Sharing Center, atau bisa melalui klik kanan tray icon sinyal wifi pojok kanan bawah dan pilih Network and Sharing Center -- klik Connections: (koneksi wifi) -- pada jendela Wearless Network Connection Status yang muncul pastikan tombol diantara tombol Properties dan Diagnose bertuliskan Disable, lebih jelaskan silahkan perhatikan gambar berikut.

Solusi Wifi Laptop Pilih-Pilih Modem Hotspot

Cara Kedua : Uninstall driver wifinya

Buka control panel pilih Device Manager -- klik kanan pada driver Wi-Fi -- pilih Uninstall -- jangan centang pada "Delete the driver software for this device" -- OK, selanjutnya tunggu beberapa menit, biarkan laptop mendeteksi sendiri driver dari komputer, dan selesai.

Solusi Wifi Laptop Pilih-Pilih Modem Hotspot

Jika salah satu cara diatas bisa mengatasi permasalahan yang kamu alami, saya rasa tak perlu lagi melanjutkan membaca artikel ini, namun jika permasalahan belum teratasi juga atau mungkin kamu ingin tambahan ilmu silahkan saja dilanjut sampai tuntas, saya yakin kamu akan lebih banyak mendapatkan pengetahuan yang lebih dari sebelumnya.

Ok kembali ke benang merah!

Dari kedua cara diatas permasalahan yang saya alami belum juga teratasi, akhirnya fikiran jadi buntu, saya fikir tidak ada jalan lain selain install ulang OS (operating system) / Windows-nya, sebelum melakukan install ulang (males juga harus install ulang) saya coba memutar otak agar permasalahan ini bisa teratasi tanpa harus install ulang, dan dengan langkah terakhir inilah yang menjadi penentu berhasilnya mengatasi wifi laptop yang pilih-pilih modem, simak saja caranya berikutnya ini.

Cari dan silahkan install kembali driver wifi/wearless milik laptop, biasanya driver disertakan dalam bentuk cd atau pun  dvd ketika pertama membeli laptop. Jika driver hilang silahkan download di internet, dan cari driver wifi yang sesuai dengan tipe laptop yang sedang bermasalah.

Cukup dengan cara tersebut akhirnya permasalahan Wi-Fi laptop yang pilih-pilih modem bisa teratasi tanpa harus install ulang Windows-nya.

Penyebab wifi laptop pilih-pilih modem :


Hampir lupa, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa laptop bisa pilih-pilih modem segala untuk bisa konek wifi dengannya?

Karena driver tidak bisa berjalan dengan sempurna, kemungkinan besar sebagian file pada driver hilang atau tanpa sengaja terhapus, atau bisa juga karena ulah virus. Jadi kemampuan penerima sinyal wifi berkurang dan hanya mampu mengenali beberapa sinyal wifi yang sejenis.

Demikian cerita singkat yang bisa saya sampaikan, semoga membawa manfaat, selamat mencoba semoga berhasil, Wassalam.
Buka komentar
Tutup komentar

No comments: