Cara Mengetahui Tanggal Install Windows

Sudah lama tidak install ulang Windows? kapan kamu terakhir install ulang Windows? atau kamu baru saja membawa komputermu ke tukang servis untuk di install ulang Windows-nya dan ingin mengetahui kebenarannya bahwa komputermu benar-benar di install ulang.

Mengetahui tanggal terakhir install Windows bisa dijadikan pedoman seberapa sering kamu menginstall ulang komputer.

Terkadang karena ketidaktahuan beberapa orang, begitu merasa komputernya telah lemot lalu buru-buru untuk install ulang.

Padahal terlalu sering install ulang Windows tidak begitu disarankan, hal ini akan mengurangi umur hardisk.

Cara Mengetahui Tanggal Install Windows

Jika kamu harus ke tukang servis bila menginstall windows, ada baiknya kamu harus tahu apakah komputer tersebut benar-benar diinstall ulang atau hanya di bersihkan file sampahnya saja.

Hal ini penting mengingat ongkos servis yang harus kamu bayarkan agar tidak sia-sia, juga untuk menjaga kepercayaan antara kamu dan tukang servisnya.

Masalah seperti ini sudah pernah saya alami, waktu salah satu komputer ditempat saya kerja harus di install ulang, pihak kantor menghubungi tukang servis komputer, selanjutnya dibawa ke tempat servis untuk di install ulang, setelah selesai dan kembali ke kantor dengan nota ongkos yang harus dibayarkan, juga keterangan bahwa komputer telah di install ulang dan ongkos servis lainnya.

Namun ketika saya cek ternyata windowsnya tetap pada tanggal dimana terakhir kali komputer tersebut di install beberapa tahun lalu tepatnya waktu beli, berarti tukang servisnya bohong mereka bilang komputer sudah di install ulang.

Tanpa sepengetahuan dari pihak kantor saya samperin tempat dimana tukang servis tersebut berada, dengan membawa bukti foto komputer dan tanggal terakhir install.

Dan saya sampaikan pada tukang servisnya bahwa kejadian seperti ini jangan sampai terjadi kembali, mereka mungkin tidak menyangka bahwa modus mereka diketahui, dengan begitu mereka segera meminta maaf dan ingin mengembalikan uang servis yang sebelumnya telah dibayarkan, namun saya tolak dengan alasan semoga ini menjadi yang terakhir bagi mereka membohongi orang lain.

Lahh kok malah jadi cerita ini!

Gak apa-apa lah hanya berbagi pengalaman saja, agar kejadian semacam ini tidak terjadi pada orang lain, agar kita juga tidak di anggap bodoh oleh tukang servis yang sok pintar. --kesel mode on-- :)

Oke kita kembali ke poin utama!

Untuk mengetahui tanggal terakhir install windows cukup mudah, tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, cukup gunakan aplikasi bawaan windows saja yaitu Command Prompt alias CMD.

Juga tak butuh orang yang ahli komputer, siapa saja bisa melakukannya tak terkecuali kamu sendiri.

Yuks langsung menuju tekape.

Cara mengetahui tanggal terakhir install Windows:

1. Buka Command Prompt / CMD (klik Start dan ketikkan CMD lalu enter)

2. Pada Command Prompt ketikkan "systeminfo" (tanpa petik) dan tekan enter, tunggu beberapa detik hingga proses selesai.

3. Selanjutnya cari Original Install Date: di situlah akan tampak tanggal komputer terakhir di install.

Cara Mengetahui Tanggal Install Windows

Itulah cara mengetahui tanggal terakhir install ulang Windows, selamat mencoba semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya, selamat menikmati :)

Jika kamu butuh tips lainnya tentang windows silahkan download bukunya disini, gratis! Buku rahasia kumpulan tips dan trik Windows 7 seharga $19.99 gratis juga ada cara masuk safe mode di windows 8 disini cara masuk safe mode Windows 8.
Buka komentar
Tutup komentar

No comments: