Password Yang Mudah dan Sulit Ditebak

Beberapa waktu lalu di beritakan di beberapa media massa munculnya foto-foto syur artis dari salah satu anggota grup penyanyi Duo Serigala di internet, pasti pernah dengar kan? Kenapa hal-hal yang sangat pribadi seperti itu bisa muncul dan tersebar di internet?

Tidak lain dan tidak bukan hal tersebut terjadi karena kelalaian dari pemilik akun itu sendiri. Dan jelas sekali hal tersebut sangat kuat ada hubungannya dengan password sang pemilik akun tersebut.

Cara apakah yang dipakai sang pembobol sampai bisa masuk ke akun tersebut?

Setiap orang tentunya memiliki alasan masing-masing akan password yang dipilihnya. Namun, terkadang password yang dipilih tersebut terlalu umum dan gampang ditebak.

Ini yang sangat rentan dan mudah untuk ditebak oleh orang lain!
Kombinasi Password Yang Mudah Ditebak
source: teknologi.inilah.com
Password (kata sandi) merupakan hal yang sangat vital bagi kita, apalagi di jaman digital seperti sekarang ini. Perlu diketahui password dengan kombinasi angka urut, seperti "123456" menjadi password terburuk di tahun 2011 hingga kini versi SplashData.

Menurut survey lain dari sumber yang berbeda yaitu Kaspersky Lab menyatakan hanya 38% dari mereka yang membuat password kuat untuk setiap akun, sementara 1 dari 7 pengguna (14%) hanya memiliki satu kata sandi yang sama untuk setiap akun mereka.

Tingkat risiko ini tidak jauh berbeda bagi para pengguna yang hanya memiliki beberapa password untuk jumlah akun yang cukup banyak (36%) serta bagi mereka yang menggunakan variasi pola password yang sama (12%).

Berikut ini beberapa tips untuk di hindari dalam penggunaan password:

1. Nama

Nama masih menjadi kombinasi favorit bagi kebanyakan pemilik akun, tentu hal ini yang paling rentan diantara kombinasi password lainnya. Entah kamu menggunakan nama sendiri ataupun nama panggilan, atau menggunakan nama keluarga kamu, seperti ayah, ibu, istri, anak, atau orang yang kamu cintai. Sebaiknya jauhkan hal ini.

2.  Tanggal Lahir

Tanggal lahir juga menjadi favorit kebanyakan pemilik akun, tanggal lahir pasti banyak yang mengingatnya, karena kebanyakan dalam pembuatan akun banyak yang menyertakan tanggal lahir kamu.

3. Nama dan Tanggal Lahir

Lho kok nama dan tanggal lahir lagi? nama dan tanggal lahir masih mendominasi kebanyakan pengguna baru di internet, misal "wahyu190190" (wahyu adalah nama, 19 tanggal lahir, 01 bulan, dan 90 tahun). Jika kombinasi password kamu seperti itu, dari sekarang cepat-cepat diganti.

4. Nama dan Angka 123

Kombinasi nama dan angka 123 menjadi favorit digunakan karena akan mudah diingat, namun hal itu tidak hanya mudah diingat tetapi juga mudah ditebak. Misalnya "wahyu123".


5. Nomor Berurutan

Banyak yang beranggapan dengan password menggunakan nomor berurutan banyak orang yang tidak akan menyangkanya, jangan salah! justru para h@cker jahat tidak jarang juga mencoba kode sederhana seperti "123456" atau kebalikannya "654321".

6. Nomor HP

Apakah kamu menggunakan nomor ponsel kamu sebagai password? jika iya segera ganti karena hal ini sudah menjadi salah satu incaran pencuri password.

7. Tombol QWERTY

Sama halnya dengan nomor pada poin 5 tadi, kombinasi password "qwerty" masih menjadi favorit orang-orang Indonesia, yang hanya tinggal menekan tombol dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri.

8. Nomor Plat Kendaraan

Nah lho, baru kefikiran juga kan? sudah telat! sebaiknya jauhkan dari benak kamu jika menggunakan plat nomor kendaraan pribadi sebagai password. Mungkin mereka berpikir, kombinasi nama dan tanggal lahir dirasa sudah umum, maka kombinasi huruf dan angka yang tepat dan mudah diingat adalah nomor plat kendaraan pribadi.

Itu dia beberapa tips yang perlu di hindari untuk membuat sebuah password, dan untuk melengkapi dari artikel kali ini simak juga beberapa tips untuk membuat kombinasi password berikut ini.

Ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam pembuatan password:

1. Gunakan Simbol - Simbol yang Unik dan Kombinasi Huruf Besar dan Kecil

Dengan menggunakan simbol-simbol dalam pembuatan password merupakan salah satu cara yang baik untuk menghindari pencurian password. Seperti W4hyuc@k3p(^_^) atau w4Hyu!~(-_-“)~! dan lain bisa kamu kombinasikan sendiri.

2. Gunakan Angka dan Simbol Matematika

Misal : 19+12-19=90 atau (19+12)x19/3=196,4
Catatan : Jangan sampai lupa lho ya :)

3. Gunakan Password yang Berbeda untuk Setiap Akun

Jika kamu memiliki beberapa akun seperti FB, Twitter, G+, maka buatlah masing-masing password yang berbeda.

Itu dia beberapa tips agar kamu bisa aman dari ancaman pencurian data pribadi, semoga bisa bermanfaat, selamat menikmati.

Jika tertarik menikmati artikel-artikel dari Wahyu IWe silahkan berlangganan artikel dengan mendaftarkan email kamu ke kotak subscribe dibawah postingan ini di jamin 100% gratis dan halal.
Buka komentar
Tutup komentar

6 comments:

  1. sejauh ini saya membuat password yang simpel gabungan antara hurup dan angka saja, blm nyoba pake yang lain/yang ribet takut lupa kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga sih bang... tapi harus lebih hati2 bang :-bd

      Delete
  2. Ya mas menggabungkan angka dan abjat memang bagus tp buat saya yang kurang hati" jadi mas alah.akun saya sudah empat hari belum ingat kata sandinya gara"lupa mencatat waktu ganti paswort.entanh bagaimana cara yg paling praktis mengembalikan paswort nya trimakasih artikelnya bagus" buat nambah ilmu

    ReplyDelete
  3. Kok ngulang lagi ya komenternya.kl salah maaf masih belajar.ertikelnya bagus"buat menambah ilmu.trimakasih

    ReplyDelete
  4. Ya mas menggabungkan angka dan abjat memang bagus tp buat saya yang kurang hati" jadi mas alah.akun saya sudah empat hari belum ingat kata sandinya gara"lupa mencatat waktu ganti paswort.entanh bagaimana cara yg paling praktis mengembalikan paswort nya trimakasih artikelnya bagus" buat nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak @Juna... :D
      untuk memulihkan password yang lupa biasanya bisa dilakukan melalui email pemulihan.

      Delete